PENGERTIAN PURPOSE DAN OBJECTIVE (lengkap)

PENGERTIAN OBJECTIVE DAN PURPOSE

Objective

Objective merupakan suatu bentuk kata di dalam bahasa inggris yang mempunyai arti “ tujuan “. Tujuan yang dimaksud pada kata objective yaitu adalah tujuan yang terperinci dengan jelas. Contohnya ketika kita giat belajar , maka tujuan kita adalah lulus ujian. Maka lulus ujian tersebut dapat dikatakan sebagai tujuan yang objective.


Contoh Penggunaan Kalimat Objective Dalam Kalimat Bahasa Inggris :

I worked hard with the objective to buying a new home for my family. ( Aku bekerja keras dengan tujuan untuk membelikan rumah baru untuk keluargaku ).
My objective in coming here is to complete my work. ( Tujuanku datang kesini adalah untuk menyelesaikan pekerjaanku ).
Being a successful businessman is one of the objective of my life. ( Menjadi pebisnis yang sukses adalah salah satu dari tujuan hidupku ) .
His objective is to build large and strong companies. ( Tujuannya adalah membangun perusahan yang besar dan kuat ).
You must have a objective in this place . ( kamu harus memiliki tujuan di tempat ini ).
We will come to the city with the objective to finding work . ( Kami  datang ke kota dengan tujuan untuk mencari pekerjaan ).
He learns cooking with the objective to becoming a professional chef. ( Dia belajar memasak dengan tujuan untuk menjadi seorang koki professional ).
My objective next year is to build a bakery. ( Tujuanku ditahun depan adalah membangun sebuah toko roti ) .

 Purpose

Purpose adalah salah satu bentuk sinonim dalam bahasa inggris, sama dengan objective dan goal,  purpose juga memiliki arti yaitu tujuan. Yang dimaksud tujuan dalam purpose yaitu lebih mengarah kepada alasan dari sebuah tujuan.

Contoh Penggunaan Purpose Dalam Kalimat Bahasa Inggris :

My purpose to buy airplane tickets is to vacation abroad . ( Tujuanku membeli tiket pesawat adalah untuk berlibur keluar negeri ).
I go to the beauty salon every day with the purpose that I always look beautiful . ( Aku pergi ke salon kecantikan setiap hari dengan tujuan agar diriku selalu tampin cantik ).
My purpose in having a lot of money is so that I can enjoy my life happily.  ( Tujuanku memiliki banyak uang adalah agar aku bisa menikmati hidupku dengan bahagia ).
I make cakes with the purpose to selling them on the market and making a profit . ( Aku membuat kue dengan tujuan akan menjualnya dipasar dan mendapatkan keuntungan ).
My purpose is to present this painting to give it to my grandfather . ( Tujuanku membeli lukisan ini adalah untuk menghadiahkannya kepada kakekku ).


 Perbedaan Objective dan Purpose

Ketiganya saling memiliki tujuan yang berbeda yaitu :

• Objective memiliki tujuan yang terperinci dan juga lebih spesifik.
• Purpose adalah tujuan yang memiliki atau didasarkan pada sebuah alasan yang kuat dalam tujuannya.

Rumus

Expressing Purpose (Menyatakan Tujuan) Menggunakan "So That"

Untuk mengekspresikan suatu tujuan dalam kalimat Bahasa Inggris, kita dapat menggunakan “so that”atau “in order to”. Keduanya memilki arti yang sama. Silahkan perhatikan contoh kalimat di bawah ini.


I turned off the TV in order to enable my rommate to study in peace and quiet.

I turned off the TV so (that) my rommate could study in peace and quiet.


(Artinya: Saya mematikan TV supaya/ agar teman sekamar saya dapat belajar dengan tenang)


Keterangan:

In oder to dan so that sama-sama digunakan untuk menyatakan tujuan. Pada contoh kalimat diatas, “I turned off the TV” untuk suatu tujuan. Tujuannya adalah: “make it possible for my roommate to study in peace and quiet”. Kata “that” sering dihilangkan, khususnya dalam speaking (tidak diucapkan ketika berbicara Bahasa Inggris).


Rumus yang bisa digunakan ketika kita akan menggunakan “so that” untuk mengkespresikan tujuan adalah:


1.       SO THAT + CAN/ COULD

I’m going to cash a check so that I can buy my textbooks. (Can = Present time)

I cashed a check so that I could buy my textbooks. (Could = Past time)


So that lebih sering digunakan daripada in order toketika suatu kemampuan/ kesanggupan diekspresikan dalam suatu kalimat. Kata “Can” dapat digunakan dalam adverb clause jika suatu kalimat tersebut memilki makna atau terjadi saat sekarang (present) atau masa yang akan datang (future). Sedangkan kata “Could” digunakan setelah “so that”jika kejadiannya sudah lampau (past).


2.       SO THAT + WILL/ SIMPLE PRESENT or WOULD

I’ll take my umbrella so that I won’t get wet

I’ll take my umbrella so that I don’t get wet

Yesterday I took my umbrella so that I wouldn’tget wet.


Pada contoh kalimat pertama, “so that I won’t get wet = in order to make sure that I won’t get wet”. Pada contoh kalimat kedua, terkadang kita mungkin untuk menggunakan simple present setelah “so that” untuk menunjukkan tujuan di masa yang akan datang (future meaning). Dan pada contoh kalimat yang terakhir, kata “would” digunakan untuk kalimat yang kejadiannya sudah lampau (past).


CATATAN:

In order that secara umum jarang sekali digunakan. Contohnya: “I turned off the TV (in order) that my roommate could study in peace and quiet.” Dan keduanya, baik so that dan in order that sama-sama memperkenalkan adverb clauses.


Kata “may” atau “might” mungkin juga digunakan untuk menggantikan kata “can” dan “could”, tetapi jarang digunakan secara umum. Contoh: “I cashed a check so that I might buy my textbooks.”


Jika untuk menyatakan tujuan makna dari:

Can = want to be able to (Present time)

Could = wanted to be able to (Past time)

Will/ will not/ doesn’t/ don’t = want to make sure (Present time)

Would / would not = wanted to make sure (Past time)



LATIHAN SOAL

1. We worked hard just before Christmas ______ we could really enjoy the holiday.
A. To
B. For
C. In order to
D. So that

2.  Anne Hathaway was announced to be the cast of Catwoman in The Dark Knight Rises movie ..............................…, the fans would know who would be the villain in the third sequel of Batman.
A. In order that
B. And
C. But
D. Because

3.  Bella    : Ups, I forget to bring my phone and now I need it to call my mom.
Julia    : Don’t worry, you can use my phone ...... calling your mom.
A. In order that
B. In order to
C. For
D. So that

4.  I have cooked rice and chicken soup ............... we can have lunch together.
A. For
B. So that
C. To
D. In order to

5. ...... earn more money, I look for a part time job as a waitress in a restaurant.
A. For
B. In order that
C. So that
D. In order to

Kunci Jawaban.

1. Jawaban : D
Kita bisa lihat dari kalimat yang tidak utuh berikut, “We worked hard just before Christmas ______ we could really enjoy the holiday”. Kita lihat dulu bentuk kata apa setelah bagian yang rumpang. Terdapat “we could really enjoy the holiday” yang merupakan klausa baru yang terdiri dari subjek, modal “could” dan kata kerja. Untuk mengisi bagian yang rumpang tersebut, konjungsi apa yang diikuti klausa. Pilihan jawaban yang tepat adalah yang (D). Karena so that diikuti klausa, sedangkan to dan in order to diikuti kata kerja, begitu juga for yang diikuti kata benda.

2. Jawaban : A
Untuk melengkapi teks di atas dengan menggunakan bentuk konjungsi yang tepat, kita harus memperhatikan makna kalimatnya. Anne Hathway diumumkan menjadi pemeran Catwoman di film The Dark Knight Rises sehingga para fans dapat mengetahui siapa musuh dalam kelanjutan film Batman ketiga tersebut. Kata 'sehingga' dapat dituliskan dalam bentuk conjunction ‘in order that’ sehingga jawaban A adalah jawaban yang paling tepat.

3. Jawaban : C
Sebelum menentukan manakah conjunction yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik di atas, kita harus menganalisa kalimatnya terlebih dahulu. Pada kalimat di atas, bisa diperhatikan setelah titik-titik terdapat kata “calling” yang artinya “menelepon.” “calling disini termasuk kata kerja yang dibendakan dan conjunction yang diikuti kata benda adalah “for.” Jadi kalimatnya akan menjadi “ you can use my phone for calling your mom.”  Jadi jawaban yang tepat adalah C.

4. Jawaban : B
Dalam menentukan mana conjunction yang tepat untuk digunakan, perhatikan kalimat setelah titik-titik di atas. Setelah titik-titik terdapat kalimat “we can have lunch together.” Biasanya conjunction yang diikuti “S + modal (will, can, could etc)” adalah “so that.” Sedangkan “for” selalu diikuti dengan kata benda dan “in order to” selalu diikuti dengan kata kerja. Jadi jawaban yang tepat adalah B.

4. Jawaban : D
Untuk menentukan mana conjunction yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas, perhatikan dulu kalimatnya. Setelah titik-titik terdapat kata kerja “earn.” Jenis conjuntion yang diikuti oleh kata kerja adalah “in oder to,” maka kalimat di atas akan menjadi “in order to earn more money, I look for a part time job as a waitress in a restaurant.” Jadi jawaban yang tepat adalah D.

Semoga membantu, see ya . . .
Thank you next๐Ÿ–

Sumber:
https://tutorialbahasainggris.co.id/objective-goal-purpose-pengertian-perbedaan-contoh-bahasa-inggris/
https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/2015/04/contoh-dan-soal-recount-text-beserta-jawabannya.html
Ruangguru


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONGRATULATIONS! (pengertian,contoh kalimat dan latihan soal)

How to expressing AGREEMET AND DISAGREEMENT???